Cara Bikin Minyak Kemiri. Minyak kemiri ternyata sangat baik untuk rambut. Bagaimana cara buat minyak kemiri sendiri? Minyak kemiri sangat baik untuk merawat rambut. Penggunaan yang rutin akan membuat rambut menjadi lebih hitam, tebal, kuat, dan mengkilat. Jika, bayi Anda memiliki rambut yang tipis dan kurang hitam, rutin memberikannya setiap hari akan membuat rambut bayi tumbuh dengan sehat dan tampak banyak. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan Bunda untuk cara membuat minyak kemiri sendiri:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
1. Buah kemiri 250 gram
2. Air secukupnya

Cara membuat:

1. Blender buah kemiri dengan air secukupnya hingga lumat dan halus.

2. Lakukan penyaringan. Penyaringan dilakukan seperti memeras kelapa untuk menghasilkan santan. Bedanya, saringan yang digunakan untuk menyaring santan kemiri lebih halus atau bisa juga menggunakan kain. Kemiri yang telah halus dicampur dengan air. Diremas-remas. Setelah itu air santan kemiri disaring untuk dipisahkan dari ampasnya. Penyaringan dilakuan berulang-ulang hingga air santan kemiri tidak lagi kental.

3. Setelah memperoleh air santan kemiri yang telah terpisah dari ampasnya, siapkan kuali untuk mendidihkan. Aduk terus menerus hingga lama-kelamaan menjadi minyak kemiri.

4. Sebaiknya minyak kemiri yang dihasilkan benar-benar matang, agar minyak tidak mudah apek. Biasanya, kerak minyak lebih berwarna coklat pekat atau nyaris kehitaman untuk menandakan minyak kemiri benar-benar telah masak dan siap dipakai.

5. Sediakan botol bekas pakai yang sudah bersih dan kering untuk menyimpan minyak kemiri yang telah jadi.

Demikian beberapa langkah sederhana cara membuat minyak kemiri sendiri. Semoga bermanfaat!